Untuk Urusan Keamanan, Sekarang Giliran Google Jiplak Apple

gems coc gratis
ANDROID-L-1

Selama ini, beberapa keputusan Apple yang diklaim meniru banyak fitur dari Android di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus sering mendapat banyak sindiran dari publik, bahkan Google sendiri pernah melontarkan sindiran untuk ini. Tapi uniknya, justru sekarang giliran Google yang diklaim meniru salah satu fitur di OS milik Apple terbaru, yakni iOS 8 yang baru kemarn diluncurkan ke publik.

Seperti kita ketahui, jadwal kehadiran Android L yang semakin dekat, untuk mempersiapkan ini, pihak Google terus menerus berusaha untuk menyempurnakan sistem operasi Mobile terbaru mereka. Dan salah satu fitur baru yang kabarnya akan dibawa oleh Google lewat Android L adalah sistem enkripsi berlapis yang konon kabarnya akan membuat data pengguna semakin aman.

Tapi sayangnya, ternyata Apple melalui iOS 8 ternyata malah sudah memakai fitur enkripsi data berlapis tersebut, bahkan Apple telah memperkenalkan fitur canggih ini ke publik.

Dilansir dalam laman phone arena, hanya beberapa hari sebelum Google mengumumkan akan kehadiran enkripsi data tersebut, ternyata Apple malah mendahului Google untuk memplokamirkan kalau iOS 8 akan menerapkan sistem enkripsi data berlapis secara default pada iPhone atau iPad mereka. Fitur enkripsi ini secara default kabarnya akan secara otomatis membuat pengguna lengkap dengan password sendirilah yang akan mampu mengakses data-data dalam perangkat tersebut.

Walaupun begitu, sebenarnya Google sendiri sudah punya fitur ini sejak Android Jelly Bean yang lalu, tapi sayangnya sistem enkripsi data yang ada ini hanya bersifat opsional saja, hal inilah yang akhirnya banyak pengguna tidak menyadari akan keberadaan fitur canggih ini.

Kedepannya, hanya dengan mengupdate Android KitKat ke Android L, maka secara otomatis perangkat Android anda akan langsung menerapkan sistem enkripsi tanpa harus diseting ulang secara manual. Untuk melengkapi ini, anda sebagai pengguna perangkat Android hanya perlu menambahkan password saja dengan kekuatan kata-kata yang maksimal.

Keputusan yang diambil oleh Google dan Apple dengan menggunakan sistem enkripsi data otomatis pada perangkat yang nantinya akan berjalan dengan sistem operasi terbaru mereka ini dianggap sebagai salah satu mekanisme pertahanan terhadap upaya mata-mata dari pemerintah dan pihak lainnya, hal ini terjadi terutama setelah pengakuan kontroversial agen NSA Edward Snowden yang membeberkan kebobrokan NSA didalamnya.

Menurut Edward, beberapa badan intelijen milik pemerintah Amerika, salah satunya adalah NSA ternyata sudah sejak lama berusaha memaksa Apple serta Google untuk menyerahkan semua data penting pengguna kepada mereka, bahkan mereka mengancam kalau tidak bisa mendapatkan langsung, maka mereka akan mendapatkan itu secara ilegal.

Karena kehadiran sistem enkripsi tersebut, maka secara otomatis hanya pengguna saja yang akan mampu membuka data mereka lewat password atau passcode yang mereka miliki. Dalam hal ini, bahkan Apple dan Google sekalipun tidak akan mampu untuk membukanya.

Related Posts:

  • Ikuti Apple, Google Akan Perketat Pengamanan Android
  • Diluncurkan Bersama iOS 7, Kitkat Jarang Pemakai
  • Mekanisme Mata-Mata Lewat Android
  • Inilah Layanan Email Yang Paling Aman dan Rahasia
  • Apple Terapkan Sistem Verifikasi Dua Lapis
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Internet
Untuk Urusan Keamanan, Sekarang Giliran Google Jiplak Apple | Dunia Internet | 4.5

Leave a Reply