Prestasi Abal-Abal Hacker Indonesia

gems coc gratis
hacker indonesia, hacker, prestasi hacker, teknologi, virus

Pada tahun lalu, lembaga riset internet Akamai melaporkan bahwa hacker dari Indonesia menunjukkan gigi mereka dengan menjadi sumber serangan cyber terbesar di dunia untuk kuartal kedua tahun 2013 yang lalu. Prestasi hacker Indonesia saat itu bisa diakitkan dengan memanasnya hubungan Indonesia dan Malaysia yang saling klaim kebudayaan. Namun setelah diteliti lebih lanjut, rekor serangan hacker tersebut ternyata hanyalah prestasi abal-abal hacker Indonesia.

Pada saat itu disebutkan bahwa Indonesia menyumbang sekitar 38% serangan hacker di seluruh dunia namun pada kenyataannya, 38% tersebut bukan semuanya berasal dari hacker Indonesia. Sebenarnya terjadi adalah data center yang banyak bertebaran di Indonesia dipergunakan oleh hacker asing untuk melakukan serangan seolah-olah berasal dari hacker di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Achmad Arif yang bekerja di HP Enterprise Securities.

Serangan yang cukup tinggi pada tahun 2013 tersebut kemudian berangsur-angsur turun dan mencapai level 5,7% saja menurut laporan yang dirilis pada April tahun ini. Tingginya angka serangan hacker yang ternyata adalah prestasi abal-abal hacker Indonesia tersebut dikarenakan lemahnya pengelola data center di Indonesia yang tidak bisa mendeteksi adanya program jahat yang disisipkan dalam server mereka oleh para peretas luar negeri secara diam-diam yang kemudian dipergunakan untuk melancarkan serangan dari server Indonesia.

Jadi bisa dibilang penyebab prestasi abal-abal hacker Indonesia tersebut adalah para hacker asing yang telah berhasil membobol server data center di Indonesia serta menanam program jahat yang kemudian hari dijadikan senjata untuk melakukan serangan cyber dalam skala besar-besaran. Dalam hal ini yang harus bertanggung jawab adalah pengelola data center dengan tingkat keamanan rendah.

Selain itu maraknya serangan hacker juga disebabkan karena rendahnya kesadaran pengusaha di Indonesia akan bahayanya serangan cyber, sehingga negara yang paling banyak diserang adalah negara Indonesia yang notabene masih dalam taraf memanfaatkan internet dan belum begitu kuat dalam hal pertahanan. Dengan kurangnya pertahanan server-server kita maka para hacker senang sekali karena mendapat sasaran empuk.

Untuk mengatasi kelemahan ini dan mengurangi serangan cyber maka yang diperlukan adalah meningkatkan kesadaran keamanan internet lewat edukasi. Seharusnya ada banyak seminar dan workshop yang membahas keamanan internet yang diikuti para pelaku bisnis dan juga para pengelola data center. Selain itu sebaiknya juga materi keamanan internet mulai diperkenalkan ke bangku sekolah, karena diakui maupun tidak, siswa-siswa sekolah sekarang sudah sangat akrab dengan yang namany internet.

Yang lebih berbahaya dari serangan hacker bukan jumlah serangan atau asal negara, namun impact atau akibat yang dihasilkan. Bayangkan saja jika ada satu saja hacker yang mampu membobol pusat data BI dan mengacak-acaknya, maka perekonomian Indonesia akan terganggu hebat dan bisa juga mempengaruhi keadaan pasar saham dunia.

BACA JUGA:

Pabrikan Apple Jalankan Windows

Domain Berakhiran .id Laris Manis

Related Posts:

  • Bug Komputer yang paling Sering Diincar para Hacker
  • Serangan pada Situs Telkom oleh Hacker hmei7
  • Indonesia akan Memiliki Tentara Cyber
  • Situs Religi Lebih Rentan Digunakan Sebagai Media Menularkan
  • Selamatkan Gadget Android Anda Dari Hacker
gems coc gratis
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Internet
Prestasi Abal-Abal Hacker Indonesia | Dunia Internet | 4.5

Leave a Reply