MIKE Lazaridis, Sosok Penting Di Balik Blackberry Dan RIM

gems coc gratis
1.MIKE Lazaridis, Sosok Penting Di Balik Blackberry Dan RIM(2)

Research In Motion atauu yang lebih dikenal dengan RIM adalah perusahaan yang berkantor di Waterlo Kanada yang menunjang keberhasilan teknologi dan produk ponsel pintar Blackberry. Di balik kesuksesan Blackberry dan RIM ini juga didukung oleh seorang bertangan dingin yang mengembangkan perngkat dan teknologi penting dalam sebuah ponsel Blackberry. Sosok pendiri RIM ini adalah Mike Lazaridis.

Sosok ini memang jarang mendapat sorotan dari media massa, padahal pria ini sagat penting dan dihargai kalangan pakar teknologi. Pria ini juga seringkali disandingkan peranannya seperti Silicon Vally seorang technopreneur sukses. Mike merupakan keturunan Yunani yang lahir di Turki. Keluarganya adalah seorang penjahit sekaligus pengusaha pakaian yang kemudian melakukan migrasi ke Kanada.

Sejak masih kecil Mike sudah memiliki kesukaan dan talenta besar pada dunia teknik dan sains. Sehingga saat kuliah dirinya di Waterloo University lebih memilih masuk ke jurusan ilmu komputer dan teknik listrik. Ketika masih kuliah dia telah menekuni bisnis yang berhubungan dengan teknologi yang didapatnya di bangku kuliah. Saat kuliah Mike lebih fokus mempelajari teknologi nirkabel.

Pengalamannya dalam menjalin hubungan dengan banyak dosen dan pengalaman selama di laboratorium membawanya menemukan inspirasi baginya dalam memadukan teknologi nirkabel seperti surat elektronik dengan teknologi komputer. Menurutnya perpaduan teknologi ini akan menjadi teknologi di masa mendatang.

Karena ingin lebih fokus pada bisnis yang ditekuninya, Mike Lazaridis lebih memilih menghentikan kuliahnya sebelum menyandang gelar sarjana. RIM adalah perusahaan yang dirintis oleh Mike yang sangat populer. Proyek perdana yang didapatkannya adalah merancang display industrial bagi General Motor di tahun 1984. Nilai kontraknya sangat besar mencapai 560 ribu dollar, sehingga untuk modal awal dia harus meminjam kepada orang tuanya.

Agar bisnisnya semakin kuat, maka Mike mengajak sahabatnya untuk menjalin kerjasama. Douglas Fregin adalah sahabat Mike yang juga menggemari radio. Gayung bersambut, sahabatnya itu menerima penawaran Mike sehingga resmi menjadi karyawan pertama bagi RIM. Proyek lainnya diperoleh Mike di tahun 1987, RIM mendapat kepercayaan untuk mengembangkan software yang akan diaplikasikan guna jaringan data nirkabel.

Pengalaman tersebut mencetus inspirasi dan gagasan bagi Mike untuk merancang ponsel Blackberry yang baru diluncurkan 12 tahun selanjutnya. Mike menyatakan kalau teknologi jaringan data tanpa kabel ini terdapat banyak kesulitan secara teknis. Tapi dengan memakai pendekatan sederhana bisa mengubah menjadi teknologi yang sangat dibutuhkan publik ini.

Teknologi Blackberry rancangan Mike Lazaridis mulanya diinspirasi oleh pager atau penyeranta digital. Konsep ini digunakan guna merancang jaringan data tanpa kabel yang selalu terhubung secara real time tanpa menimbulkan gangguan pada jaringan lainnya. Teknologi inilah yang kemudian dijadikan dasar pengembangan teknologi Blackberry dan RIM.

MIKE Lazaridis, Sosok Penting Di Balik Blackberry Dan RIM

Baca Juga :

Enam Bidadari Di Bidang Informasi Teknologi Dunia

Mengenal Sosok Michael Dell dan Dell Computer

Related Posts:

  • Ambisi Pendiri RIM Ambil Alih Blackberry
  • Mengenal Sosok Michael Dell dan Dell Computer
  • Enam Bidadari Di Bidang Informasi Teknologi Dunia
  • Usaha Keras para Tokoh Besar Teknologi
  • John Chen, Sang Pahlawan BlackBerry
gems coc gratis
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Internet
MIKE Lazaridis, Sosok Penting Di Balik Blackberry Dan RIM | Dunia Internet | 4.5

Leave a Reply