Jangan Pake Google Glass Ketika Berkendara!

gems coc gratis
google-glass12

Selama ini, para ahli teknologi selalu menyarankan supaya pengguna gadget tidak memakai perangkat mobile mereka ketika tengah berkendara, baik itu ketika menyetir, terlebih ketika mengendarai sepeda motor. Bahkan pemerintah Indonesia sendiri sudah melarang hal ini, karena sudah banyak kasus kecelakaan terjadi akibat kelalaian pengguna jalan yang memaksa untuk tetap menggunakan gadget ketika sedang berkendara.

Dan sekarang, imbauan tersebut juga mulai disematkan pada Google Glass. Dimana sebuah penelitian dari Universitas Central Florida, menyatakan kalau mengendarai sebuah mobil atau kendaraan bermotor lainnya akan jauh lebih aman jika tidak dilakukan sambil menggunakan Google Glass, baik itu aktivitas membaca pesan, bermain sosial media atau kegiatan lainnya.

Tidak hanya itu, peneliti juga mengatakan kalau resiko berkomunikasi lewat Google Glass ketika berkendara, akan setara dengan berkendara sambil memakai smartphone biasa. Hal ini karena perangkat kaca mata pintar ini dinilai dapat mengaburkan fokus pengendara sehingga kemungkinan kecelakaan lalu lintas bisa saja terjadi.

Penelitian yang mengikutsertakan sekitar 40 peserta dalam rentang usia rata-rata 20 tahunan meyakini kalau Google Glass akan mengambil konsentrasi si pengendara. Dalam penelitian ini, mereka diuji dengan melakukan simulasi menyetir sambil berdiskusi. Mereka digiring untuk berkomunikasi dengan menggunakan Google Glass.

Disini, peneliti akan mengamati reaksi apa saja yang mereka lakukan ketika mereka diharuskan mengerem mendadak, di sini, diuji juga respon mereka terhadap hambatan yang ada di jalan dan simulasi lainnya yang digunakan untuk memperhitungkan berbagai kemungkinan yang bisa saja terjadi ditengah jalan raya.

Hasilnya, ternyata peneliti tidak menemukan perbedaan yang signifikan terhadap respon berkendara dengan mengenakan Google Glass dengan berkendara sambil memegang smartphone. Peneliti menilai kalau keduanya sama berbahaya bagi pengendara karena dinilai dapat menurunkan konsentrasi dan respon mereka terhadap hambatan yang ada di jalan ketika berkendara.

Ben Sawyer, yang merupakan ketua penelitian tersebut menambahkan, walaupun kebanyakan pemakai Google Glass dapat segera pulih dari rasa terkejut mereka setelah sebuah insiden di jalan, tapi tetap saja ini bisa berbahaya dan membahayakan orang lain. di sii lain, pengguna smartphone yang menggunakan perangkatnya sambil berkendara diketahui lebih lambat pulih tetapi mereka akan cenderung menjadi lebih awas setelah insiden atau kecelakaan di jalan terjadi

Seperti dilansir dalam laman Engadget, Sawyer beserta timnya mengusulkan supaya produsen teknologi dunia, dan dalam hal ini termasuk Google, untuk sebisa mungkin bisa menghadirkan teknologi kacamata pintar yang bisa memberikan notifikasi yang jauh lebih aman ketika penggunanya sedang berkendara. Jika ini tidak segera dilakukan, kemungkinan besar para pengguna Google Glass akan tetap disarankan untuk tidak memakai Google Glass ketika menyetir.

Related Posts:

  • Dilarang Memakai Kacamata Google Glass Saat Berkendara
  • Hambatan Google Untuk Mematenkan Kata Glass
  • Inilah Bantahan Google Terkait Google Glass
  • Efek Kesehatan dari Google Glass
  • Google Glass Berbahaya Bagi Penggunanya
gems coc gratis
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Internet
Jangan Pake Google Glass Ketika Berkendara! | Dunia Internet | 4.5

Leave a Reply