Indosat Siapkan Strategi Untuk Bersaing dengan Operator BWA

gems coc gratis

Kabar baik datang dari operator telekomunikasi di Indonesia khususnya yang memiliki lisensi BWA atau Broadband Wireless Access. Mereka semakin gencar menawarkan layanan datanya di tahun 2014 ini. Tercatat, terdapat 6 perusahaan yang memiliki lisensi BWA dengan frekuensi 2.3 GHz. Dari 6 perusahaan tersebut terdapat 1 perusahaan yang sangat gencar dengan layanan yang didukung dengan teknologi TDD LTE atau Time Division Duplex Long Term Evolution.

Internux adalah perusahaan yang menawarkan layanan akses internet 4G LTE. Sebelumnya, Internux telah menjalin kerja sama dengan First Media. Kerjasama ini membuahkan hasil sebuah ponsel Android dengan layanan yang masih mengandalkan operator GSM lainnya. Hal ini memang wajar karena operator yang memegang lisensi BWA hanya memiliki wewenang untuk menyediakan layanan data dan tidak diperbolehkan menggelar layana suara/sms.

Selain Internux, ada pula Berca Hardayaperkasa, First Media, Jasnita, Telekomindo, serta IM2. Di sisi lain, operator telekomunikasi yang memegang lisensi BWA memiliki kelebihan di mana mereka bisa menjual layanan suara melalui internet atau biasa disebut dengan VoIP. Karena kelebihan inilah, operator-operator tersebut dirasa akan menyaingi operator GSM di Indonesia.

Sebagai salah satu operator yang menyediakan layanan data dan suara di Indonesia, Indosat mulai bersiap menghadapi persaingan ini. CEO Indosat, Alexander Rusli menyatakan bahwa fenomena ini memang akan mempengaruhi performa penyedia layanan GSM, khususnya pada sisi layanan suara dan data.

Untuk itu, Indosat telah memiliki strategi yang matang untuk menghadapi persaingan semacam ini. Indosat sendiri saat ini juga merupakan perusahaan yang sudah mengantongi lisensi BWA di bawah naungan Indosat Mega Media atau IM2 untuk wilayah Jawa Barat. Salah satu strategi yang diterapkan oleh Alex adalah dengan melakukan fokus layanan.

Menurutnya, IM2 nantinya akan lebih memfokuskan pada layanan TDD LTE. Di sisi lain, Indosat akan difokuskan pada layanan FDD LTE.Strategi fokus tersebut akan lebih sempurna jika dibarengi dengan adanya sinergi. Alex menambahkan bahwa sinergi teknologi sangat diperlukan. Frekuensi 2300 MHz yang digunakan saat ini sudah dirasa cukup ditambah lagi dengan site sharing yang juga sudah berjalan dengan baik.

Hingga saat ini, Indosat masih belum memastikan kapan pihaknya akan ikut dalam persaingan TDD LTE khusus untuk IM2. Walaupun belum membocorkan waktu pastinya tetapi direncanakan bahwa Indosat akan mulai masuk tahun depan. Hal ini memang memungkinan karena Indosat sendiri saat ini sudah memiliki beberapa site yang sudah siap untuk dioperasikan.

Alex hanya mengungkapkan bahwa launch masih menunggu waktu yang tepat karena memang belum ada waktunya. Jadi untuk pengguna Indosat, Anda patut menunggu gebrakan baru dari salah satu operator komunikasi terkemuka di Indonesia ini. Anda pun bisa menebak apakah Indosat akan mampu bersaing dengan operator lainnya?

Indosat Siapkan Strategi Untuk Bersaing dengan Operator BWA

Baca Juga :

Beli Samsung Galaxy Tab S Gratis WiFi Indosat dan Telkomsel

Layanan Indosat Ngadat Karena Pembajakan Prefix Internet

Related Posts:

  • Layanan Indosat Ngadat Karena Pembajakan Prefix Internet
  • Dampak Yang Akan Terjadi Jika Indosat Dan Telkomsel Ditutup
  • Beli Samsung Galaxy Tab S Gratis WiFi Indosat dan Telkomsel
  • YLKI angkat Bicara Soal Penyadapan Telkomsel
  • Operator Smartfren Akan Sediakan Video dan TV Online
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Internet
Indosat Siapkan Strategi Untuk Bersaing dengan Operator BWA | Dunia Internet | 4.5

Leave a Reply