Ikuti Apple, Google Akan Perketat Pengamanan Android

gems coc gratis
ANDROID-L-1

Baru-baru ini, secara resmi Google telah menyatakan kalau mereka akan segera melakukan enkripsi data yang terdapat dalam perangkat Android walaupun tidak dipasang password oleh penggunanya. Pemberitahuan yang diberikan oleh Google pada Kamis kemarin tersebut muncul setelah Apple memperkenalkan rencana serupa untuk perangkat iPhone dan iPad terbaru mereka.

Hal tersebut dilakukan untuk semkain memanjakan dan memberi keamanan yang lebih mumpuni kepada para pengguna di tengah meningkatnya perhatian tentang privasi data pengguna yang selama ini dinilai terbaikan oleh ketatnya persaingan dari segi spesifikasi dan fitur.

Juru bicara Google sendiri menyatakan kalau enkripsi data tersebut kedepannya akan bersifat opsional dan akan ditawarkan bagi para pengguna sistem Android, tapi untuk kedepannya, sistem keamanan ini sendiri akan aktif secara otomatis pada versi Android yang lebih baru lagi. Saat ini, Android terbaru tersebut dikenal dengan nama Android L.

Walaupun begitu, seperti yang dikutip dari kantor berita Reuters. Pihak Google sendiri tidak mengatakan secara pasti kapan perbaruan Android berikutnya akan diluncurkan, tapi yang pasti, dengan adanya pembaharuan ini, tindak kejahatan dunia maya, dari mulai pencurian akun, pelanggaran privacy, pencurian data dan file pribadi dan lainnya, diharapkan bisa diatasi, atau minimalnya bisa diminimalisir kejadiannya.

Apple sendiri, pada hari Rabu kemarin tengah mengumumkan kalau enkripsi barunya tersebut akan digunakan pada sistem operasi iOS 8 yang kini sudah tersedia pada iPhone 6 dan perangkat yang lebih baru dari iPhone 4S. Enkripsi tersebut juga nantinya bisa dipasang untuk iPhone dan iPad yang sudah berredar di publik.

Berdasarkan kebijakan baru yang tertulis dalam laman situs Apple menyebutkan kalau data personal seperti foto, pembicaraan melalui pesan termasuk lampirannya, data telpon, e-mail, riwayat panggilan, memo, konten iTunes dan pengingat, akan berada di bawah perlindungan kode masuk yang dimiliki oleh Apple. Perbaruan tersebut muncul secara otomatis setelah munculnya himbauan tentang program pengawasan oleh pemerintah yang menjangkau data dari komputer dan perangkat lainnya.

Selain itu, pembocoran dokumen oleh mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat, Edward Snowden juga diduga menjadi penyebab munculnya perhatian tentang peran perusahaan teknologi besar dalam program khusus keamanan.

Seperti kita ketahui bersama kalau beberapa waktu yang lalu, nama baik Apple sebagai perusahaan yang memiliki tingka keamanan yang tinggi sempat tercemar. Hal tersebut terjadi setelah beberapa foto selebriti Hollywood papan atas, salah satunya adalah Jennifer Lawrence muncul ke publik.

Foto-foto yang harusnya hanya menjadi konsumsi pribadi tersebut bocor ke publik karena akun icloud para artis tersebut berhasil di retas oleh para hakcker yang sampai saat ini, pelakunya tidak diketahui.

Related Posts:

  • Apple Terapkan Sistem Verifikasi Dua Lapis
  • ViaProtect, Aplikasi Android Anti Sadap
  • Apple Pay Akan Gantikan Fungsi Kartu Kredit Anda
  • Diduga Bocor, WhatsApp Salahkan Android
  • iOS 7.1 Bermasalah di Bluetoot tapi Aman dari jailbreak
gems coc gratis
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Internet
Ikuti Apple, Google Akan Perketat Pengamanan Android | Dunia Internet | 4.5

Leave a Reply