Hati-hati. Virus Baru Android yang Dapat Menguras Pulsa

gems coc gratis
3. Virus Android Menyerang 1

Sebagai sistem operasi mobile paling populer di dunia, tidak heran kalau akhirnya Android kerap menjadi sasaran para pembuat virus. Bahkan menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Juniper Networks, lebih dari 90 persen virus mobile yang berhasil dideteksi secara spesifik, diketahui ditargetkan langsung untuk sistem operasi buatan Google tersebut.

Tidak hanya itu, salah satu alasan lain yang menjadi penyebab mengapa penjahat cyber gemar menyerang Android dengan virus buatan meraka adalah, masih banyak pengguna Android yang belum meng-update sistem operasi perangkat mereka ke versi terbaru.

Bahkan berdasarkan laporan terbaru, sebuah virus digital worm jenis baru, dikabarkan sedang mengincar kelemahan sistem operasi Android. Kalau smartphone Android anda terinfeksi oleh worm ini, maka smartphone Android anda bisa secara otomatis mengirimkan SMS yang berisi link berbahaya ke nomor kontak yang tersimpan dalam smartphone.

Worm yang saat ini diberi nama Selfmite.b ini, dikabarkan menjadi penerus Selfmite.a, dimana virus digital ini dulu sempat menyebar ke pengguna Androud melalui file APK.

Seperti yang dikutip dari laman situs Phone Arena, Worm Selfmite.b ini akan mampu mengirim SMS ke semua daftar kontak dalam ponsel anda secara otomatis tanpa and aketahui. Virus ini dinilai pintar ketimbang Selfmite.a yang hanya bisa memberikan perintah kepada smartphone untuk mengirimkan SMS ke 20 kontak yang terdapat dalam smartphone pengguna.

Selfmite.a sendiri, dulu bekerja dengan cara mengirimkan SMS yang berisi link URL yang telah diperpendek atau short URL, kalau diklik, maka pengguna secara otomatis akan meng-install App Store pihak ketiga seperti Mobogenie. Walaupun begitu, akhirnya para peneliti keamanan berhasil untuk mengatasi penyebaran Selfmite.a ini sebelum berkembang biak dan menjangkiti banyak smartphone di dunia.

Dan sekarang, virus menyebalkan itu datang kembali dengan nama Selfmite.b. cara kerjanya hampir sama, cuman bedanya dia akan bekerja dengan mengirimkan link ke sebuah situs web yang berbahaya dan dapat dilakukan secara berulang-ulang sampai bisa menguras pulsa telepon pengguna. Tidak hanya itu, Selfmite.b juga dikabarkan mengancam pengguna platform iOS juga.

Menurut Denis Maslennikov, yang merupakan analis keamanan dari firma Adaptive Mobile, menilai kalau Selfmite.b saat ini telah mengirim lebih dari 150.000 pesan selama kurun 10 hari, jumlah tersebut didapat hanya dari 100 perangkat mobile yang telah terinfeksi.

Maslennikov mengatakan kalau saat ini, diperkirakan jumlah tersebut akan meningkat seratus kali lebih banyak kalau dibiarkan terus terjadi.

Sekarang ini, kasus serangan Selfmite.b ini sudah menyerang beberapa negara seperti Kanada, Kosta Rika, Tiongkok, Ghana, meksiko, India, Jamaika, Irak, Maroko, Rusia, Puerto Rico, Sudan, Siria, Venezuela serta Vietnam. Untuk itu, mulai sekarang sebaiknya anda selalu mengunduh file APK dari Google Play Store dan sumber terpercaya lainnya.

Related Posts:

  • 5 Virus yang Sering Menjangkiti Komputer Windows
  • 5 Virus Berbahaya yang Sering Menjangkiti Komputer Mac
  • Virus Telepon Genggam yang Menyerang Melalui Game
  • Hati-Hati Dengan Surat Pajak Spam
  • Situs Religi Lebih Rentan Digunakan Sebagai Media Menularkan
gems coc gratis
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Internet
Hati-hati. Virus Baru Android yang Dapat Menguras Pulsa | Dunia Internet | 4.5

Leave a Reply