Hati-hati, Aplikasi Senter Mengintai Data Pribadi Anda

gems coc gratis
Android-Applications

Selama ini, beberapa aplikasi seperti jejaring sosial banyak dituding sebagai aplikasi yang dapat memata-matai gadget para penggunanya. Dengan kata lain, ketika anda menginstal aplikasi ini, maka seluruh informasi rahasia anda bisa diketahui oleh si pembuatnya. Melihat hal ini, sepertinya anda harus semakin berhati-hati, karena baru-baru ini tersiar kabar kalau ada aplikasi unik yang dituding hobi mengumpulkan data penggunanya secara ilegal.

Seperti yang dilansir dalam laman Daily Mail, sudah banyak smartphone yang dilaporkan menjadi korban aksi jahil para pembuat aplikasi ini. Akibatnya, data pribadi pengguna smartphone pun bisa didapatkan oleh si pembuat aplikasi. Yang paling mengkhawatirkan, aplikasi tersebut disediakan secara gratis di Google Play Store dan iOS App Store.

Walaupun begitu, semua aplikasi yang ditenggarai sebagai aplikasi mata-mata tersebut bukanlah aplikasi-aplikasi populer yang banyak diunduh pengguna smartphone, tetapi aplikasi senter atau alat penerangan dadakan ketika gelap.

Berdasarkan seorang sumber mengatakan kalau data-data yang bisa diambil antara lain lokasi smartphone tersebut, detail dari pengguna serta daftar kontak yang ada dalam smartphone tersebut, termasuk isi dari pesan singkat yang ada di dalamnya. Dan yang paling mengkhawatirkan, data-data yang didapat tersebut akan diberikan pada perusahaan marketing atau iklan untuk kemudian dijadikan sebagai ajang untuk mengeruk keuntungan.

Beberapa informasi penting tersebut diklaim akan dipakai untuk bisa meneliti sejauh mana pengguna menggunakan smartphonenya untuk keperluan berbelanja, termausk kecenderungan pengguna untuk membeli sebuah produk. Setelah data-data tersebut didapat, maka perusahaan tersebut akan memberikan analisis terbaik untuk klien mereka guna keperluan penjualan produk dan iklan.

Yang paling ditakutkan, ada sebuah informasi yang menyatakan kalau data-data curian tersebut akan dijual pada beberapa organisasi kriminal atau para hacker. Kedepannya, data-data tersebut akan digunakan untuk mencuri uang dari akun bank milik si pengguna smartphone yang didalamnya terdapat aplikasi senter yang sudah dimodifikasi menjadi aplikasi mata-mata.

Berdasarkan informasi dari organisasi keamanan internet Amerika SnoopWall, beberapa aplikasi mata-mata tersebut merupakan kotak pandora yang sebelumnya dirahasiakan oleh para pembuat aplikasi. Banyak dari pengguna smartphone yang dengan begitu mudahnya mereka percaya dan akhirnya mengunduh aplikasi berbahaya tersebut.

Hal itu jelas terlihat dari jumlah download aplikasi senter atau alat penerangan darurat terpopuler di Google Play Store yang saat ini tercatat sudah diunduh sebanyak 10 juta kali oleh pengguna smartphone android. Dan aplikasi terdepan yang termasuk tiga besar dalam kelas aplikasi senter adalah Super-Bright LED Flashlight, Tiny Flashlight plus LED dan Brightest Flashlight Free.

Walaupun tidak semua aplikasi senter tersebut jahat, tapi jumlah korban yang tidak sadar smartphone mereka sedang dimata-matai diperkirakan berjumlah jutaan dan bahkan kemungkinan besar akan berkembang lagi ke lini apliaksi lainnya. jadi, tetap waspada dan jangan simpan informasi sangat pribadi dalam smartphone anda.

Related Posts:

  • ViaProtect, Aplikasi Android Anti Sadap
  • Amankan Game dan Smartphone Anda Dengan Aplikasi Dr Safety
  • Aplikasi Asli Indonesia yang Paling Banyak Diunduh di…
  • Cara Ektrak File dari Google Play Store ke Format APK
  • Health App dalam iOS 8 Diklaim Bisa Selamatkan Anda
gems coc gratis
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Internet
Hati-hati, Aplikasi Senter Mengintai Data Pribadi Anda | Dunia Internet | 4.5

Leave a Reply