Gara-Gara Kode Nokia Diperas Jutaan Euro

gems coc gratis
nokia diperas, nokia, hp nokia, gadget nokia, kode nokia

Tindakan kriminal memang tidak pernah membedakan rakyat miskin sampai dengan perusahan besar kelas dunia, dimana ada kesempatan maka orang-orang yang berpikiran kriminal akan selalu memanfaatkan kesempatan tersebut untuk kepentingannya sendiri. Salah satu perusahaan besar yang pernah merugi karena hasur berurusan dengan tindakan kriminal adalah Nokia. Perusahaan asal Finlandia ini pernah diperas oleh seseorang dengan jumlah yang tidak main-main. Nokia diperas jutaan Euro hanya gara-gara sebuah kode pendek.

Namun sayangnya kode pendek tersebut merupakan kunci keamanan sistem operasi Symbian yang kala itu merupakan satu-satunya OS yang paling terkenal dan paling banyak dipergunakan. Symbian adalah satu-satunya kode yang dipakai oleh perusahaan Nokia di seluruh ponsel produksinya, dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Nah, kode yang dipakai untuk memeras perusahaan Nokia ini adalah kode yang dipergunakan untuk mengenkripsi kode-kode symbian yang dipergunakan Nokia.

Tentu saja kejadian Nokia diperas jutaan Euro ini membuat kelabakan seluruh pimpinan Nokia dan mereka langsung berusaha untuk memenuhi permintaan pemeras tersebut dengan membayar tebusan yang diminta. Ancaman yang dipakai oleh pemeras untuk mendapatkan uang dari Nokia adalah dengan mengancam bahwa ia akan menyebarkan kode enkripsi tersebut dan meminta tebusan beberapa juta Euro jika kode tersebut tidak ingin dibocorkan, dan dikabarkan Nokia bersedia membayar tebusan ini.

Kejadian ini sebenarnya ditutup-tutupi dengan rapat oleh pihak Nokia demi nama baik merek mereka. Mereka rela membayar tebusan tersebut karena jika tidak maka kode tersebut akan tersebar dan hal tersebut membahayakan seluruh produk ponsel mereka yang sudah beredar di dunia. Pasalnya jika kode enkrispi tersebut tersebar dan dipergunakan oleh programer-programer jahat, maka seluruh ponsel Nokia akan menjadi rentan terhadap virus dan malware dan menimbulkan kerugian yang berpuluh-puluh kali lipat dari nilai uang yang dibayarkan.

Pihak kepolisian Finlandia mengaku bahwa aktor dibelakang aksi pemerasan berhasil mengecoh pihak kepolisian dan melarikan diri. Dengan begitu aksi yang menyebabkan Nokia diperas jutaan Euro sampai sekarang belum menemui titik terang karena siapa pemeras dan siapa saja yang ikut dalam kelompok pemeras tersebut tidak satupun yang berhasil diidentifikasi.

Pihak Nokia sendiri juga tidak mau mengatakan berapa jumlah uang yang mereka bayarkan untuk pemeras tersebut. Diperkirakan jumlah yang dibayarkan sangat besar, karena kode enkrispi tersebut sangat penting bagi keamanan data-data rahasia pemakai handset Nokia seperti informasi identitas dan kartu kredit yang mereka simpan di dalam ponsel mereka.

Namun sejak kejadian pemerasan tersebut, kode enkripsi Symbian memang tidak jadi tersebar. Namun hal ini bisa disebabkan oleh dua kemungkinan, pertama sang pemeras memenuhi janjinya untuk tidak menyebarkan kode tersebut setelah dibayar tebusannya, atau kedua sang pemeras memang tidak pernah tahu kode enkrispi tersebut namun ia mampu meyakinkan Nokia bahwa seolah-olah ia memilikinya, jadi memang dia tidak ada bahan yang hendak disebar.

BACA JUGA:

Pengen Tahu Hasil Photoshop Pertama di Dunia?

Baterai Ponsel Tahan Seminggu – Apakah Bisa?

Related Posts:

  • Nokia Tetap Luncurkan Ponsel Android Meski Diakuisisi…
  • Malware Yang Minta Tebusan Uang
  • Nokia Resmi Hadirkan 3 Model Smartphone Android
  • Di Cina, Nokia X Ludes Terjual Dalam Waktu 4 Menit
  • Nokia 220 dan Nokia Asha 230, Ponsel Murah Terbaru Dari…
gems coc gratis
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Internet
Gara-Gara Kode Nokia Diperas Jutaan Euro | Dunia Internet | 4.5

Leave a Reply