Cerita Perusahaan Samsung Yang Bisa Sukses Dari Menjiplak Produk-Produk

gems coc gratis
3. Cerita Perusahaan  Samsung Yang Bisa Sukses Dari Menjiplak Produk-Produk 2

Jika Anda melihat kesuksesan perusahaan-perusahaan dari Korea Selatan mungkin Anda tidak akan menduga jika kesuksesan mereka bukan dihasilkan murni dari riset dan penelitian. Sebagian besar perusahaan teknologi dari Korea berkembang pesat dengan cara menjiplak, termasuk juga didalamnya dunia teknologi informasi dan juga perangkat komunikasi canggih.

Yang masyarakat Korea lakukan untuk mendapatkan teknologi canggih bukan dengan cara mengemis namun dengan cara mendatangkan para insinyur Jepang yang memang terkenal pandai. Korea mendatangkan para insinyur di setiap minggu pagi pada tahun 1980an. Mereka memenuhi pesawat komersial yang terbang ke Korea. Mereka bukan hendak liburan namun didatangkan untuk mengajari para insinyur Korea untuk memperbaiki fasilitas produksi dan mereorganisasi pekerja teknis di pabrik semikonduktor Samsung.

Yang mendatangkan mereka adalah perusahaan Samsung yang sejak tahun 1974 mengembangkan sayap bisnis baru yaitu semikonduktor. Para insinyur Jepang tidak bekerja penuh di Korea, mereka hanya bekerja setengah hari saja dan pada minggu sore mereka sudah pulang kembali ke Jepang. Sesama insinyur tersebut juga sudah paham apa yang rekan-rekan mereka lakukan di Korea sehingga seperti ada peraturan tak tertulis yang mengatakan “ jangan pernah bertanya apa yang mereka lakukan di Korea”.

Samsung yang kini sukses menjadi raja teknologi dunia pada awalnya hanyalan sebuah perusahaan lokal kecil yang berjualan sembako, sayur, buah-buahan, gula dan sejenisnya. Perusahaan ini kemudian mengembangkan bisnisnya ke bidang terigu dan juga tekstil pada tahun 1950an. Pada saat Korea Selatan digulirkan program industrialisasi pada tahun 1961-1979, perusahaan Samsung beralih ke sektor manfaktur dan fokus pada peralatan eletronik dan menjadi masuk dalam konglomerasi generasi pertama bersamaan dengan LG, Hyundai, dan juga Posco.

Perusahaan-perusahaan tersebut mendapatkan fasilitas khusus dari negara dan kemudian berkembang menjadi perusahaan global dan saat ini menjadi motor penggerak utama perekonomian Korea Selatan. Samsung tertarik untuk bergeram dibidang semikonduktor karena melihat Jepang yang kesulitan mendapatkan semikonduktor selama krisis minyak sehingga produksi alat-alat elektronik mereka terganggu produksinya.

Untuk itu Samsung menekankan para insinyurnya untuk menerap ilmu dari para insinyur Jepang sebanyak-banyaknya. Para insinyur tersebut memaksakan diri untuk meniru apapun yang diperbuat oleh para insinyur Jepang. Mereka juga menjiplak teknologi dengan cara mempreteli setiap produk Jepang untuk ditiru pembuatanya. Mereka kemudian memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada dalam produk tersebut dan membuat yang lebih baik dan canggih.

Setelah berhasil menjiplak dan membuat yang lebih baik, kini perusahaan Samsung menjadi penguasa pasar untuk segala macam produk elektronik, terutama produk ponsel Android. Samsung menguasai sekitar 25,2% pasar smartphone dan diikuti oleh Apple yang hanya 11,9%, Huawei 6,9%, Lenovo 5,4%, dan LG 4,9% sedangkan sisanya dibagi-bagi kepada beberapa perusahaan lain seperti Blackberry, Microsoft, dan HTC.

Baca Juga :

Sukses Samsung Bukan Hasil Jiplakan

Vendor Lenovo Siap Menjungkalkan Samsung

Related Posts:

  • Ternyata Dulu Android Pernah Dihina Samsung
  • Rumor Bisnis Komputer dan Perubahan Zaman
  • Dua Perusahaan Dari Satu Negara Berebut Pasar Smartwatch…
  • Segera Hadir. Samsung Galaxy S5 Crystal Edition
  • Jejak Kejayaan Samsung
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Internet
Cerita Perusahaan Samsung Yang Bisa Sukses Dari Menjiplak Produk-Produk | Dunia Internet | 4.5

Leave a Reply