Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Adwords Keyword Planner

gems coc gratis
Cara Riset Keyword

Google Adwords Keyword Planner telah menggantikan tool online untuk melakukan riset keyword yang sebelumnya bernama Google Keyword Tool.

Terjadi perubahan tampilan yang berganti menjadi sedikit lebih menonjolkan kesan Flat Design, selain itu tak ada perubahan yang berarti dari versi pertama (keyword tool) hingga kini berkembang ke versi keduanya (keyword planner).

Jika Anda sebelum sudah sering melakukan riset kata kunci melalu Google Keyword Tool, maka saya yakin Anda tidak akan mengalami kesusahan saat akan menggunakan Google Adwords Keyword Planner, karena memang panel penampilan data nyaris sama, yaitu hanya berisi Keyword, Competion, Global Monthly Searcher, Local Monthly Searcher.

Hanya saja ada sedikit penambahan fitur didalam Keyword Planner, yaitu Suggested Bid, dimana fitur ini akan menamplkan gambaran jumlah CPC yang mungkin akan didapat oleh Publisher dan besaran Fee yang harus dibayar oleh Advertiser jika ingin memasang iklan dengan kata kunci tersebut.

Tertarik menggunakan Keyword Planner untuk melakukan riset kata kunci ? jika iya, silahkan baca Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Adwords Keyword Planner dibawah ini.

Cara Riset Keyword dengan Google Adwords Keyword Planner

Hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan riset kata kunci adalah menyiapkan email atau tepatnya Gmail. Dimana ini adalah ‘ritual’ wajib yang harus Anda lakukan jika ingin menggunakan produk Google yang bersifat gratis.

Oke saya anggap Anda sudah memiliki sebuah akun Gmail, selanjutnya ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka https://adwords.google.com/KeywordPlanner

    Cara Riset Keyword ( Kata Kunci ) – 1
    Lalu klik Sign In to Adwords, tunggu hingga proses selesai, jika pertama kali Anda akan diwajibkan untuk mengisi Negara dan juga mata uang yang Anda gunakan, pilih saja negara Indonesia dengan mata Uang Rupiah atau IDR (maaf tidak ada screenshot).

  • Klik ‘Search for new keyword and ad group ideas’

    Cara Riset Keyword Kata Kunci gambar 2Cara Riset Keyword ( Kata Kunci ) – 2
    Setelah itu masukkan kata kunci yang Anda inginkan, boleh sebuah kata, boleh juga sebuah kalimat. Dalam hal ini saya contohkan menggunakan satu kata saja, yaitu ‘riset’ nanti kita lihat hasilnya.

  • Pada kolom Targeting, ubah seperti gambar dibawah ini

    Cara Riset Keyword Kata Kunci gambar 3Cara Riset Keyword ( Kata Kunci ) – 3
    Ubah Location dan Language menjadi Indonesia, karena target kita disini adalah pengunjung lokal, jadi kita rubah semuanya menjadi Indonesia.

  • Klik keyword Ideas

    Cara Riset Keyword Kata Kunci gambar 4Cara Riset Keyword ( Kata Kunci ) – 4
    Perhatikan kolom yang saya tandai dengan nomor, penjelasannya adalah sebagai berikut :

  • Avg. Monthly Search yang berarti jumlah pencarian kata tersebut dalam satu bulan
  • Competition merupakan jumlah persaingan pengiklan pada kata kunci tersebut yang terdiri dari 3 Tingkatan, Low, Medium dan High. Jadi Kompetisi disini bukan menandakan jumlah kompetisi di mesin pencari google ya.
  • Suggested Bid sesuai namanya akan menunjukkan jumlah rata-rata yang akan dibayar Advertiser dan jumlah cpc yang mungkin akan didapat publisher.
  • Ad impr. share & Add to plan saya kurang tau apa ini.
  • Pastikan memilih kata kunci dengan tingkat pencarian yang banyak dan juga mempunyai persaingan Advertiser yang tinggi, agar iklan yang Anda mempunyai nilai klik yang tinggi.

  • Klik Download, jika ingin membaca seluruh data secara Offline

    Cara Riset Keyword Kata Kunci gambar 5Cara Riset Keyword ( Kata Kunci ) – 5
    Setelah klik download, pilihlah format Excel CSV agar bisa dibuka lagi nanti di program Ms. Office Excel. Jadi Anda tidak perlu bolak balik ke masuk Keywords Planner untuk mengecek kata kunci yang sama dua kali.

  • Dari sini kita sudah berhasil melakukan riset kata kunci yang nantinya bisa kita jadikan Judul Artikel maupun Judul Blog kita, tentukan selera Anda.

    Sekedar informasi saja, bahwa Jumlah Pencarian itu dibedakan menjadi 3 Jenis :

    • Kata Kunci Pencarian Rendah : 1,000 – 5,000
    • Kata Kunci Pencarian Sedang : 5,001 – 50,000
    • Kata Kunci Pencarian Tinggi : diatas 50,001

    Jadi jika ingin menjadikan kata kunci sebagai nama atau alamat blog Anda, pastikan kata kata kunci tersebut memiliki jumlah pencarian tinggi, atau minimal sedang.

    Itu saja Tips singkat dari saya tentang bagaimana Cara Riset Keyword Dengan Google Adwords Keyword Planner, semgoga artikel singkat ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

    gems coc gratis
    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Internet
    Cara Riset Kata Kunci Dengan Google Adwords Keyword Planner | Dunia Internet | 4.5

    Leave a Reply