Cara Memilih Nama Domain Paling Tepat Untuk Situs Baru

gems coc gratis
Cara Memilih Nama Domain

Harga sewa Top Level Domain (TLD) yang tidak murah, karena setahun bisa mencapai 100 ribu, harusnya ini menjadi salah satu alasan kita untuk lebih cermat dalam memilih sebuah nama domain. Karena, jika sampai salah Anda akan rugi, karena saat kita memilih atau membeli domain dengan nama A misalnya, maka kita wajib membayarnya selama satu tahun sekaligus dan tidak bisa dicancel maupun direfund, bukan hanya materi melainkan Anda juga akan rugi waktu dan tenaga, nah kedua hal inilah justru yang lebih mahal ketimbang jumlah uang yang harus Anda keluarkan untuk menyewa domain untuk situs baru tersebut.

Pertanyaan yang sering diajukan teman-teman saya ketika hendak memilih nama domain, selalu menanyakan mengenai ‘bagaimana sih cara memilih nama domain yang baik ? apakah harus kod ?’

Jujur saja menurut saya KOD atau Keyword on Domain di tahun 2014 ini tidaklah begitu berpengaruh, justru KOD yang benar-benar spesifikasi misalnya Anda memilih nama domain caramengusirnyamuk.com maka secara tidak langsung isi atau artikel yang ada di Blog tersebut akan terkekang oleh satu Niche yaitu Nyamuk, dan ini tentu akan menyulitkan Anda ketika ingin mencari banyak traffic. Dan sejauh yang saya tahu, tidak harus dan tidak wajib KOD kok kalau ingin ranking 1, karena semua itu kembali ke kualitas artikel dan backlink.

Cara Memilih Nama Domain Yang Menarik

Selain pertanyaan diatas sebenarya masih banyak lagi pertanyaan lainnya, dan sudah saya rangkum ke dalam 4 Cara Memilih Nama Domain Paling Tepat Untuk Situs Baru yang bisa Anda baca dibawah ini.

  • Gunakan Nama Domain Yang Mewakili Brand

    Ada sedikit kisah dari teman saya di Facebook, dimana diceritakan dia adalah seorang sales Baju Distro. Awalnya dia juga bingung saat ingin menentukan atau memilih nama domain untuk olshop miliknya, mau Brand atau KOD (Keyword On Domain), lambat laun dia akhirnya mendapatkan wahyu, untuk menggunakan nama brandnya sebagai nama domain.

    Alasan dia lebih memilih brand ketimbang keyword untuk nama domain yang dipilih, adalah karena dia menganggap dengan menggunakan brand maka peluang untuk bisa sukse akan lebih besar, sebagai contoh, ada Facebook atau Twitter, jelas situs besar tersebut tidak menggunakan keyword di domain mereka, atau dengan kata lain tidak ada kata ‘jejaringsosial’ di nama domain tersebut.

  • Pikirkan Untuk Menggunakan Domain web.id

    Cara Memilih Nama Domain 2
    Domain dot com memang lebih banyak dikenal, namun jika kita bicara SERP, sepertinya web.id akan lebih mudah bersaing di SERP. Hal tersebut dikarenakan update algoritma google terbaru, yaitu Google Pigeon. Singkatnya algoritma tersebut memfokuskan pada pencarian lokal, atau dengan kata lain domain-domain lokal akan terangkat ‘derajatnya’ akibat adanya algoritma pigeon tersebut.

    Namun, jika Anda lebih mengharapkan pengunjung kembali lagi, maka saya sarankan untuk menggunakan domain dot com. Karena lebih mudah diingat oleh para pegunjunf ketimbang web.id. Namun jangan sampai Anda memilih domain seperti dot net, dot org atau domain TLD lainnya, yang tentunya belum terlalu familiar di Indonesia.

  • Jangan Gunakan Nomor Atau Tanda Penghubung

    Cara Memilih Nama Domain 3
    Sebagai contoh Anda ingin memesan domain dengan nama Kaos Distro, maka sebisa mungkin hindari memesan domain kaos-distro melainkan cobalah untuk menggabungnya saja menjadi kaosdistro dot com. Dan satu lagi, jangan juga menggunakan huruf, karena bisa dipastikan pengunjung akan kesulitan mengingat nama domain tersebut.

    Contoh Anda ingin memesan domain bernama 123SEO, maka ketika pengunjung ingin kembali ke Blog Anda, mereka akan bingung, ada yang menulis satuduatigaSEO, dan jelas yang mereka tuju nantinya bukanlah situs Anda, melainkan nyasar ke Blog atau Web orang. Artinya karena pemilihan nama domain yang salah, Anda kehilangan pengunjung.

  • Pilih Nama Domain Yang Unik

    Cara Memilih Nama Domain 4
    Tujuannya adalah agar mudah diingat, misal Anda ingin membuat situs yang bertemakan informasi unik, dan di domain Anda menambahkan kata unik, misalnya unik999 dot com, sebenarnya itu bukan pilihan yang tepat, karena diluar sana sudah banyak situs yang menggunakan nama domain unik, seperti unik77 atau semacamnya, ini jelas akan membuat pengunjung pusing.

    Solusinya cobalah untuk memilih nama domain yang unik, sebagai contoh Anda bisa meniru terselubung. Nama domain tersebut sangatlah unik, dan juga mudah diingat karena terdiri dari satu kata, sangat berbeda dengn unik999 atau sejenisnya.

  • Jika keempat cara memilih nama domain diatas Anda terapkan, maka bukan hanya Google yang senang tapi pengunjung pun juga senang ketika hendak mengingatnya, coba saja bayangkan ada domain yang bernama madumurnimurah dot com dengan madutj tentu akan lebih enak dan mudah mengingat nama domain yang kedua bukan.

    Itulah beberapa tips memilih nama domain dari saya, semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda yang ingin membeli domain baru.

    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Internet
    Cara Memilih Nama Domain Paling Tepat Untuk Situs Baru | Dunia Internet | 4.5

    Leave a Reply