Apakah iPhone Anda Ilegal? Ini Cara Mengeceknya

gems coc gratis
activation-lock-ipad

Walaupun menjadi perangkat yang paling populer sepanjang bulan November, tapi harus diakui kalau tidak semua konsumen mampu membeli perangkat iPhone ini dalam kondisi baru, karena masih ada sebagian orang yang membeli perangkat iPhone ini dari toko handphone bekas pakai atau second hand.

Tapi perlu anda ketahui, walaupun semua perangkat tersebut diklaim oleh penjualnya sebagai perangkat yang masih sangat layak pakai, tapi tidak semua perangkat bekas tersebut legal, bahkan beberapa diantaranya merupakan perangkat hasil curian, kanibal atau barang selundupan. Nah, bagaimana sih caranya supaya kita tahu apakah perangkat Apple yang kita beli itu legal atau tidak?

Mengingat pentingnya perangkat yang legal, akhirnya pihak Apple menghadirkan berbagai fitur keamanan iOS, diantaranya adalah Activation Lock, dimana Tools Apple tersebut secara khusus berguna untuk mengunci pemakaian perangkat iOS dengan menggunakan Apple ID yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Tapi seperti dikutip dari laman The Verge, terkadang pemilik perangkat Apple juga tidak sadar kalau mereka telah mengaktifkan sebelumnya atau mereka lupa untuk menonaktifkan fitur pengunci tersebut sebelum mereka menjualnya. Akibatnya, anda sebagai pembeli second hand akan rugi total karena perangkat anda akan dianggap sebagai perangkat ilegal. Rugi banget kan?

Maka dari itu, untuk menyelesaikan semua ini, pihak Apple sengaja membuat tools baru yang saat ini diberi nama Check Activation Lock Status gratis untuk anda.

Tools Check Activation Lock Status tersebut merupakan salah satu bagian dari iCloud, tapi pengguna tidak membutuhkan akun Apple khusus untuk menggunakan laman Check Activation Lock Status, karena fitur ini bisa diakses oleh siapa saja dengan alamat https://www.icloud.com/activationlock/ dengan melalui peramban dari PC atau laptop anda.

Cara kerjanya pun snagat sederhana, anda tinggal masukkan serial number perangkat atau IMEI perangkat yang akan anda periksa tersebut, tunggu beberapa saat, dan pihak Apple akan memberitahukan anda apakah status perangkat tersebut terkunci atau tidak.

Kalau anda mendapati Activation Lock dalam perangkat ternyata dalam kondisi On, maka secara otomatis fitur Find My iPhone dalam perangkat tersebut sedang diaktifkan oleh pemilik sebelumnya. Maka dari itu, untuk memastikan ini, sebaiknya anda selalu periksa apakah fitur Find My iPhone tersebut telah dinonaktifkan sebelum anda membayar perangkat Apple bekas tersebut. Karena kalau masih aktif, bisa jadi itu merupakan barang curian, dan bisa-bisa malah anda yang di tuduh sebagai pencurinya.

Selain itu, kalau Activation Lock masih aktif, maka anda tidak akan bisa menggunakan perangkat Apple bekas tersebut tanpa Apple ID dan password yang sudah didaftarkan oleh pemilik sebelumnya. Walaupun begitu, pihak Apple sendiri sebenarnya sudah memberikan panduan bagaimana cara mematikan Activation Lock tersebut, tapi cara tersebut tetap saja membutuhkan komunikasi dengan pemilik sebelumnya.

Related Posts:

  • Fitur Anti Maling iPhone Ternyata Bisa Dibobol
  • Untuk Urusan Keamanan, Sekarang Giliran Google Jiplak Apple
  • Apple Angkat Bicara Soal iPhone 6 Yang Bengkok
  • Apple Pay Akan Gantikan Fungsi Kartu Kredit Anda
  • Apple Gunakan 2 Sensor Supaya Hemat Baterai
gems coc gratis
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Internet
Apakah iPhone Anda Ilegal? Ini Cara Mengeceknya | Dunia Internet | 4.5

Leave a Reply