7 Tips Mencegah Malware Pada Android

gems coc gratis
3.7 Tips Mencegah Malware Pada Android.2

Sebagai platform paling populer saat ini dengan penguasaan pangsa pasar hingga sekitar 85 % berdasarkan data yang diperoleh pada kuartal kedua dari Strategy Analytics, OS Android menjadi sasaran utama para pembuat program jahat atau yang biasa disebut dengan malware.

Google sebagai pemilik platform ini menawarkan langkah – langkah penagamanan di toko aplikasi miliknya yaitu Play Store dalam rangka menjaga supaya tidak sampai dimasuki oleh malware. Tetapi, tetap saja para pemilik gadget Android belum aman 100 % dan harus pandai – pandai menjaga perangkatnya agar tidak disusupi oleh program jahat.

Untuk meminimalkan kemungkinan infeksi oleh malware ada beberapa tips yang dapat diterapkan. Berikut ini adalah beberapa tipsmencegah malware seperti yang dilansir dari laman Cnet dan Phone Arena.

Unduh Aplikasi Dari Play Store

Ini adalah saran utama untuk mencegah malware. Pasalnya, Google selalu memantau semua aplikasi di Play Sore dan akan menindak dengan cepat jika ada yang bermasalah.

Jasa Katalog Aplikasi Terpercaya

Bagaimana bila perangkat Android yang Anda miliki tidak dapat mengakses Google Play Store misalnya seperti Nokia X? Beruntung, aplikasi Android dapat diperoleh dari sumber lain yang juga terpercaya seperti Amazon App Sotre, Nokia Store, dan Galaxy Apps (Samsung).

Hindari Aplikasi Dari Sumber Mencurigakan

Tidak semua sumber aplikasi selain Play Store aman untuk dicoba. Jangan mengunduh aplikasi dari sumber yang terlihat mencurigakan seperti mendapatkan ulasan buruk, meminta ijin yang tidak sesuai dengan fungsinya, dan memberikan janji yang muluk – muluk.

Jangan Gunakan Aplikasi Bajakan

Mendownload aplikasi berbayar tanpa membayar sepeserpun memang terdengar menarik. Tetapi hal ini memiliki resiko besar karena aplikasi bajakan biasanya hadir dalam format APK (Android Application Package) yang mudah disisipi oleh malware. Jika ingi memasang aplikasi side loading, sebaiknya file APK didapatkan dari sumber yang terpercaya.

Selalu Update Software

Versi software yang semakin baru biasanya memiliki perlindungan yang semakin baik untuk mencegah malware. Misalnya saja pada OS Android versi 4.2, pihak Google sudah menyediakan proteksi overchange yang disebabkan oleh malware pengirim SMS premium. Jadi, setiap rilis versi Androis baru menawarkan peningkatan di bidang sekuriti.

Scanner Malware Google

Tiap smartphone Android versi 2.2 ke atas sudah dilengkapi dengan fitur malware scanner. Sebelum memasang aplikasi yang diperoleh dari sumber di luar Google Play Store, Google akan memindai aplikasi yang bersangkutan untuk memastikan keamanan aplikasi tersebut.

Fitur tersebut diaktidkan secara default dan dapat diakses lewat menu Google Settings pada app drawer. Gadget yang berjalan dengan OS Android 4.2 atau lebih baru dapat mengaktifkan scanner malware dengan cara mengaktifkan pilihan “Verify Apps” pada menu security dalam pengaturan.

Gunakan Anti-Virus

Tidak seperti PC Windows yang memerlukan antivirus, Android dapat mengurangi resiko program jahat lewat isolasi Application Sandbox. Tetapi aplikasi antivirus tetap dapat membantu meningkatkan kenyamanan lebih lanjut. Saat ini sudah terdapat banyak aplikasi antivirus di Play Store seperti AVG, Avast, Kaspersky, Symantec, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

Malware Yang Minta Tebusan Uang

Hampir Semua Malware Bertujuan Menyerang Android

Related Posts:

  • Aplikasi Android Terburuk
  • Hati-Hati Android Banyak Penyakit
  • Hampir Semua Malware Bertujuan Menyerang Android
  • 4 Hal yang Mengindikasikan Berjangkitnya Malware di Android
  • Alasan Menghindari Aplikasi Plaform Android Tidak Resmi
gems coc gratis
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Internet
7 Tips Mencegah Malware Pada Android | Dunia Internet | 4.5

Leave a Reply