7 Strategi Pemasaran Online Yang Paling Efektif dan Efisien

gems coc gratis
Strategi Pemasaran Online

Dalam dunia marketing atau pemasaran online, yang saya tahu ada dua hal penting yang harus dikuasai, yaitu tentang bagaimana cara memasarkan produk secara efektif dan efisien. Mungkin, ada sebagian dari Anda yang bertanya ‘apa sih pemasaran efektif dan efisien itu ?‘. Oke saya akan jelasakn terlebih dahulu mengenai kedua istilah yang sangat erat kaitannya dengan marketing tersebut.

  • Versi KBBI :

    Efektif adalah dapat membawa hasil
    Efisien adalah tepat atau sesuai untuk mengerjakan sesuatu dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga dan biaya

  • Versi SAYA :

    Efektif adalah manjur (ampuh)
    Efisien adalah tidak berlebihan (hemat)

Mudahnya efektif adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan bekerja atau tidaknya strategi tersebut, sementara efisien berhubungan denga biaya dan tenaga.

Jadi bisa disimpulkan, seorang Internet Marketers, sudah selayaknya menguasai strategi atau cara pemasaran online yang efektif dan efisien, guna mendapatkan target yang tepat serta untuk memangkas biaya dan waktu promosi.

Dalam dunia marketing, efektif dan efisien diartikan sebagai :

Efektif = Tepat sasaran
Efisien = Hemat biaya promosi
Namun, yang jadi masalah adalah, tidak banyak dari kita yang mengetahui seperti apa pemasaran online yang efektif dan efisien itu. Untuk itulah di artikel ini saya akan mencoba menjelaskan 7 Strategi Pemasaran Online yang akan membantu Anda untuk memasarkan produk secara efektif dan efisien.

1. Riset Barang dan Pasar

Strategi pertama sebelum Anda melakukan pemasaran online adalah menentukan barang dan meriset pangsa pasar terlebih dahulu, melihat persaingan yang ada dan mulai memfikirkan apakah kita bisa menyediakan barang atau jasa yang lebih baik dari yang sudah ada. Misal Anda ingin berjualan ikan hias, riset pasar yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu berapa banyak peternak ikan cupang yang ada di sekitar lingkungan Anda, dan jika persaingan tidak terlalu ketat, maka riset kedua adalah menanyakan kepada diri Anda sendiri apakah bisa menyediakan ikan cupang yang lebih baik (lebih murah, lebih sehat) dari pesaing Anda tersebut ?

Jika Anda merasa tidak sanggup, maka sebaiknya Anda mundur, dan lakukan riset untuk barang yang lainnya, karena jika Anda memakasa untuk berbisnis ikan, namun pesaing Anda memiliki barang (ikan) dan pelayanan yang lebih baik dari yang akan Anda tawarkan, maka bukan untung yang didapat melainkan bisa rugi.

2. Gali Kebutuhan Konsumen

Strategi Pemasaran Online no 2
Dalam melakukan riset, tugas Anda bukan hanya mencari barang yang memiliki keuntungan besar saja, melainkan Anda juga harus melakukan riset dan mencari tahu kebutuhan konsumen, sebagai contoh daripada Anda menjual ikan arwana supper red (karena keuntungan yang didapat besar) namun orang disekitar Anda yang misal notabenya adalah pemelihara burung, maka sekeras apapun Anda mencoba menjual ikan mahal tersebut tidak akan dibeli, karena konsumen Anda tidak membutuhkan ikan tersebut, dan akan berbeda ceritanya jika Anda langsung menanyakan ke konsumen, mengenenai ikan jenis apa yang ia butuhkan, misalnya tetangga Anda tersebut menjawab ikan guppy.

Maka berusahalah unutk memasarkan ikan guppy, ini akan lebih efektif alias tepat sasaran, karena konsumen Anda jelas membutuhkan ikan guppy untuk dijadikan pakan ternaknya (burung). Dan akan sia-sia saja jika Anda memaksa untuk menjual ikan arwana, jadi disinilah pentingnya untuk mencari tahu kebuhan konsumen sebelum memasarkan produk.

3. Bijaklah Dalam Memberikan Solusi

Strategi Pemasaran Online no 3
Jika saat melakukan pemasaran produk Anda mengalami masalah pada calon pembeli yang mempermasalahkan mengenai mahalnya harga barang yang Anda jual, jangan sampai Anda terburu-buru unutk menurunkan harga, pertama-tama cobalah untuk memberikan solusi kepada calon pelanggan Anda tersebut, sebagai contoh Anda bisa menggunakan kata-kata dibawah ini :

Pak / Bu harga yang mahal merupakan harga yang relatif, karena jika Bapak / Ibu membeli barang dengan harga yang murah maka akan kualitas yang didapat pun juga akan berbanding lurus dengan harga alias cepat rusak. dan kalau dihitung hitung maka pengeluaran yang akan Bapak / Ibu keluarkan akan sama saja

Initnya adalah menggunakan kata yang bijak, jangan sampai Anda terkesan menipu calon pemebeli tersebut, jika harga yang Anda patok mahal dari harga pasaran, maka jelaskan apa yang membuat barang tersebut mempunyai harga yang lebih tinggi, dan dengan begitu calon pemebeli akan mengerti dan mungkin akan memutuskan untuk membeli.

4. Gunakan Email Untuk Promosi

Strategi Pemasaran Online no 4
Jika Anda sering berkunjung ke website atau blog orang bule yang membahas tentang tutorial, maka hampir semuanya selalu memberikan kotak email di bagian sidebar, yang rata-rata beruliskan Follow by Email. Normalnya jika Anda memasukkan alamat email Anda dan memutuskan untuk menjadi subcriber, maka email yang dikirim ke Anda adalah pemberitahuan mengenai update terbaru dari situs tersebut.

Sebagai contoh Anda berlanggan email dari situs Berguru SEO, maka setiap kali blog ini update maka yang email yang dikirimkan ke email Anda adalah sebuah pesan yang berisi update terbaru tentang blog ini dalam bentuk artikel mentahan.

Dan jika jeli sebenarnya Anda bisa memanipulasi hal tersebut, dengan menjadikan pesan dari email yang seharusnya berisi pemberitahuan update menjadi email yang berisi promosi atau pemasaran online barang dagangan Anda, tentu ini akan lebih efektif. Caranya ? ilmu ini saya pelajari dari ebook gratis yang dibagikan oleh mas Syamsul Alam (makasih mas) dimana beliau menjelaskan bahwa kita bisa memanipulasi feed pada sebuah kotak email di suatu blog dengan feed dari blog lain (khusus untuk promosi).

Sebagai contoh Anda punya 2 Blog :

  • Blog A (blog utama) dan,
  • Blog B (blog promosi)

Saat Ada pengunjung yang memasukkan emailnya dengan tujuan berlanggan news feed dari Blog A, maka Anda bisa memanipulasinya dengan mengubahnya untuk berlanggan di Blog B, jadi pengunjung yang awalnya menyangka akan mendapatkan newsfeed dari Blog A, tidak tahu kalau dirinya sebenarnya telah berlanggan newsfeed dari Blog B.

Selanjutnya silahkan Anda buat posting atau artikel di Blog B yang berisi promosi atau pemasaran online, maka secara otomatis, para subcribers akan mendapatkan email promosi di akun atau kotak masuk mereka, sebuah cara pemasaran online yang sangat efektif dan efisien bukan ?

5. Pilih Kalimat Closing Yang Tepat

Strategi Pemasaran Online no 5
Closing adalah bagian terpenting dalam dunia marketing, karena usaha Anda akan ditentukan pada tahap ini, apakah promosi Anda akan sia-sia atau tidak. Karena jika Anda salah sedikit saja dalam memilih kalimat closing yang benar dam berpotensi untuk memojokkan calon pembeli, maka jangan menyesal jika calon pembeli tersebut kabur.

Beberapa contoh kata yang salah saat closing adalah :

Jadi beli atau tidak ?
Mau, beli sekarang atau besok ?
Usahakan hindari menggunakan kata-kata tersebut, dan cobalah untuk menggantinya dengan kata-kata berikut ini :

Jadi, mau ambil produk ini atau yang itu, pak ?
Tidak ada jaminan produk masih tersisa sampai besok pak
Yang harus ditekankan pada teknik closing adalah yakinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan secepatnya, karena jika diulur-ulur, akan sangat berpotensi pelanggan berubah pikiran.

6. Lakukan Promosi Silang

Strategi Pemasaran Online no 6
Yang saya maksud promosi silang disini adalah menawarkan produk lain yang masih berkaitan dengan produk pertama yang Anda jual. Misal saat pembeli memutuskan untuk membeli sebuah helm, maka jangan hanya menawarkan helm saja, cobalah untuk menawarkan barang lain seperti sarung tangan atau masker.

Namun pastikan barang yang Anda tawarkan saling berkaitan dan jangan sampai ada orang yang membeli helm tapi malah Anda tawarkan komputer, itu tidak akan maksmal.

7. Berikan Layanan After Sales

Strategi Pemasaran Online no 7
Seorang Internet Marketers atau pemasar online, wajib untuk meguasai yang namanya layanan After Sales, karena tidak sedikit yang menggap tugasnya sudah selesai ketika telah berhasil menjual suatu barang, padahal jika kita mau memberikan pelayan ekstra maka, bukan tidak mungkin pelanggan tersebut akan kembali membeli barang kita, dan bahkan bisa menjadi pelanggan tetap.

Ketujuh Strategi atau Cara Pemasaran Online yang saya sampaikan diatas hanyalah secuil ilmu marketing yang ada di Internet, karena memang pada dasaranya ilmu pemasaran online itu sangat luas alias banyak sekali. Namun saya yakin, jika Anda menerapkannya dengan baik dan benar, saya yakin penjualan online akan meningkat.

Sebenarnya ada satu cara lagi yang cukup baik utnuk meningkatkan keefektifan pemasaran online Anda, yaitu dengan memasarkan produk melalui Toko Online, karena dengan adanya toko online maka membuktikan bahwa Anda serius dalam menjual sebuah produk, jadi tidak hanya melalui BBM atau Sosial Media saja. Untuk Anda yang tertarik dan ingin membuat toko online, silahkan baca panduan lengkap bagaimana membuat toko online secara gratis, di artikel ini Cara Membuat Toko Online.

Sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan, maaf jika tidak terlalu membantu, karena memang ilmu yang baik itu adalah ilmu yang kita pelajari sendiri di lapangan, jadi dari try and error lah ilmu pemasarn online yang sesungguhnya akan Anda dapat.

gems coc gratis
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Internet
7 Strategi Pemasaran Online Yang Paling Efektif dan Efisien | Dunia Internet | 4.5

One Response to “7 Strategi Pemasaran Online Yang Paling Efektif dan Efisien”

  1. anonymous says:

    Terimakasih informasinya,sangat membantu untuk menmbah pengetahuan terutama pelaku marketing yang baru seperti saya.

Leave a Reply