4 Cara Meningkatkan Penjualan Online Sampai 3x Lipat

gems coc gratis

Sebagai seorang internet marketer yang terjun di dunia marketing, sudah selayaknya kita menguasai yang namanya ilmu penjualan, atau istilah teknisnya ilmu marketing. Jangan sampai kita belum mempunyai ilmu apapun namun memaksakan untuk terjun ke dunia marketing. Ini ibarat seseorang yang berperang namun tidak membawa senjata, ditambah dia tidak mengerti siapa musuh dia. Hal tersebut sering dialami oleh para pemula, karena mereka tidak mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu, istilahnya langsung main hajar.

Sah sah saja jika Anda ingin langsung berkecimpung dalam dunia marketing, toh nanti kita bisa belajar sambil jalan. Ya anggapan seperti itu memang benar, namun masalahnya jika kita tertabrak atau menabrak sesuatu saat berjalan (baca: rugi) maka siapa yang disalahkan ? Anda sendiri bukan ? karena tidak hati-hati dan tidak mempersiapkan perlengkapan pengaman seperti helm misalnya. Kejadian seperti itu juga berlaku di dalam Marketing, dimana Anda harus menyiapkan strategi penjualan online terlebih dahulu sebelum action.

Masalahnya sering kali para internet marketers pemula (seperti saya dulu) kurang atau lebih tepatnya malas membaca tips dan trik meningkatkan penjualan online atau apapun yang berkaitan tentang belajar bisnis internet marketing, padahal tanpa adanya ilmu tersebut kita akan buta. Dan dampaknya tentu akan berpengaruh pada penjualan yang kita lakukan.

Untuk itulah disini saya akan membagikan 4 Cara Meningkatkan Penjualan Online yang jika Anda lakukan dan terapkan dengan benar, bukan tidak mungkin penjulan Anda akan meingkat berkali-kali lipat, bahkan bisa sampai 3x lipat. Berikut adalah sedikit gambaran mengenai apa yang akan kita pelajari di artikel ini :

  • Waktu Promosi
  • Media Promosi
  • Strategi
  • Pelayanan
  • Mungkin langsung saja kita bahas satu per satu dari kelima hal diatas untuk meningkatkan penjualan online pada bisnis yang kita jalankan.

    Meningkatkan Penjualan Online dengan Memperhatikan Waktu

    Waktu adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda perhatikan saat ingin melakukan penjualan online. Tidak mungkin kan Anda melakukan promosi barang pada jam 01:00 AM. Siapa yang akan melihat iklan Anda ? disinilah mengapa saya mengatkan bawah Waktu Promosi akan menentukan Penjualan Online Anda.

    Sebagai informasi, dulu sewaktu saya aktif menjadi seorang marketers di media sosial, saya selalu menulis waktu-waktu yang paling tepat untuk melakukan promosi, cara saya menentukan waktu yang tepat adalah dengan membandingkan jumlah like yang saya dapat, dan dari situlah saya membuat kesimpulan bawah waktu promosi yang paling tepat yaitu berada pada pukul :

    Pagi : 05.00 – 06.30
    Siang : 12.00 – 13.00
    Sore : 16.00 – 17.00
    Malam : 19.00 – 22.00
    Namun dari keempat waktu tersebut, jam malam lah yang paling viral, artinya pada jam 7 malam keatas, jika kita membagikan sesuatu, maka akan menimbulkan viralitas yang lebih tinggi dari jam-jam lain.

    Namun tentu semua harus disesuaikan juga dengan produk yang Anda jual, misal jika Anda jualan minuman dingin maka pilihlah promosi pada jam makan siang yaitu pukul 12 sampai 1 siang.

    Meningkatkan Penjualan Online dengan Memperhatikan Media

    Meningkatkan Penjualan Online dengan Memperhatikan Media
    Selain waktu, Media promosi yang Anda gunakan menjadi penentu akan laris atau tidaknya penjualan online yang Anda lakukan. Dan jika bicara mengenai media, maka ini artinya kita membicarakan dua media penjualan online terbaik yang ada di Internet, yaitu :

    • Media Sosial
    • Toko Online

    Media Sosial seperti Facebook atau Twitter merupakan salah satu media promosi online yang paling tepat untuk Anda, selain karena banyaknya pengguna, juga karena fitur yang ditawarkan oleh kedua media sosial tersebut sangatlah banyak. Sebagai contoh Anda bisa menggunakan Fanspage yang ada di Facebook untuk mempromosikan barang yang akan Anda jual. Sementara di Twitter ada fitur Favorite, jadi di fitur ini memnungkinkan Anda untuk bisa memfavoritkan tweet barang dagangan.

    Baca JugaCara Mendapatkan Uang Banyak dari FacebookCara Mendapatkan Uang Banyak dari Facebook

    Selain menjual barang, kita juga bisa menjual jasa di Facebook, seperti jasa like atau jasa vote, panduan lengkap silahkan Anda baca melalui link diatas.
    Mempromosikan barang jualan melaui media sosial tentu tidak akan seefktif dan sebagus menggunakan Toko Online. Karena memang ada banyak sekali keunggulan membuat dan mempromoasikan jualan melalui Toko Online dibandingkan dengan Sosial Media. Salah satu yang membuatnya berbeda adalah pemikiran dari calon pelanggan itu sendiri, dimana jika kita sudah membuat Toko Online dan telah menggunakan Domain TLD (dotcom) maka secara tidak langsung pelanggan akan berfikir bahwa Anda adalah penjual yang profesional, maka calon pelanggan tersebut tidak akan ragu saat bertransaksi dengan Anda, dan ini jelas berbeda ketika Anda hanya memanfaatkan Facebook.

    Untuk Anda yang ingin membuat Toko Online namun tidak ada mmodal untuk menyewa Hosting atau Membeli Domain, saya ada trik untuk membuat toko online tanpa uang sepeserpun, triknya bisa Anda baca disini Cara Membuat Toko Online.

    Cara Meningkatkan Penjualan Online dengan Strategi

    Cara Meningkatkan Penjualan Online dengan Strategi
    Strategi pemasaran yang saya maksud disini salah satuny adalah mengenai Cara Promosi. Seperti yang kita semua ketahui, saat bepromosi ada 3 Jenis File yang bisa kita gunakan yaitu dengan menggunakan Teks, Gambar dan Video & Audio

    Pertanyaanya adalah dari ketiga jenis tersebut mana yang paling ampuh untuk meningkatkan penjualan online ? menurut pantauan saya, sektor Gambar lah yang memegang peranan penting untuk mesukseskan promosi Anda, disusul dengan Video lalu terakhir adalah Teks, dan akan sangat ampuh jika kita menggabungkan ketiganya.

    Pertanyaan selanjutnya, Gambar seperti apakah yang dikategorikan sebagai gambar yang viral ?

    Menurut informasi dari beberapa teman saya yang pernah melakukan promosi di FB Ads, gambar dengan border berwarna merah, akan mendatangkan efek viralitas yang besar, karena apa ? dikarenakan warna merah akan membuat seseorang tertantang untuk mengetahui atau membaca isi atau teks yang ada di gambar tersebut.

    Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan dan coba untuk meningkatkan penjualan online, saat akan membut sebuah post atau status. Dan hal yang saya maksud tersebut diantaranya adalah :

    • Gunakan Call To Action
    • Gunakan Emoticon
    • Gunakan Konten Yang Simpel

    Contoh kata call to action adalah Ayo, Ceritakan pada Kami dan lain-lain, semakin menarik ajakan yang Anda buat maka akan semakin viral status Anda tersebut, dan yang kedua adalah menggunakan Emoticon. Emoticon bukan hanya sebagai pelengkap atau penanda ekspresi Anda, melainkan lebih dari itu, dan bahkan hanya dengan menambahkan emoticon smile atau senyum, maka pembaca akan merasa Anda adalah orang yang akrab dan tentunya akan menambahkan kepercayaan pembaca, yang terakhir adalah kontenyang simpel, maksud dari simpel disini adalah jangan lebih dari 100 Karakter, usahakan menulis promosi sesingkat dan sejelas mungkin agar pembaca tidak bosan dan mau segera action untuk membeli produk Anda.

    Cara Meningkatkan Penjualan Online dengan Pelayanan

    Cara Meningkatkan Penjualan Online dengan Pelayanan
    Meskipun Anda memiliki barang dengan yang menarik namun dalam pelayanan yang Anda berikan terkesan setengah-setengah, maka jangan menyesal jika calon pelanggan Anda akan kabur ke penjual lain. Disinilah pentingnya sebuah pelayanan. Dan pelayanan yang baik seharusnya mampu memenuhi keempat syarat berikuti ini :

    • Ramah
    • Cepat
    • Fleksibel
    • Profesional

    Ramah dan Cepat saya rasa sudah jelas, dan yang saya maksud fleksibel disini adalah mampu menyesuaikan keadaan, misal calon pelanggan sebuat saja si A tidak jadi memeli barang, maka sebisa mungkin si CS (customers service) sebaiknya menawarkan barang lain yang ada kaitannya dengan barang pertama yang tidak jadi dibeli tadi. Dan yang tidak kalah penting, CS harus bersifat profesional, seandainya pelanggan memang tidak jadi membeli maka sudah selayaknya si CS tetap mengucapkan terimakasih untuk menghargai si pelanggan tadi.

    Jika semua sudah berjalan lancar jangan lupakan untuk melakukan closing yang benar. Sebagai contoh Ada seorang pelanggan yang berencana mau membeli Mobil. Maka closing yang benar adalah :

    ” Jadi gimana pak, mau ambil Mobil A atau mau coba Mobil B ? “
    Dan jangan sampai, dalam closing Anda menanyakan seperti ini :

    ” Jadi beli mobil atau tidak pak ? “
    Kesalahan pada closing akan membuat Anda kehilangan satu pelanggan, itu sebabnyak penting sekali bagi Anda menguasai yang namanya closing yang benar, demi meningkatkan penjualan online. Sekedar informasi untuk mendapatkan penghasilan di Internet, kita tidak melulu harus jualan, masih banyak cara lain yang bisa kita coba, jika tertarik silahkan Anda baca Cara Cepat Kaya Lewat Internet Dengan Usaha Online.

    4 Cara Meningkatkan Penjualan Online yang saya bagikan diatas, hanyalah secuil ilmu marketing yang saya pelajari selama ini, dan tentu saja diluar sana masih banyak lagi cara-cara meningkatkan penjualan online yang bisa Anda pelajari dan terapkan guna mendogkrak penjualan online Anda.

    gems coc gratis
    Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Dunia Internet
    4 Cara Meningkatkan Penjualan Online Sampai 3x Lipat | Dunia Internet | 4.5

    Leave a Reply